Kamis, 19 Februari 2015

Kawah Putih Ciwedey Kabupaten Bandung

Berhubung Kota Bandung banyak tepat wisata yang nyaman murah dan gak membosakan, selain itu juga ada tempat yang dari dulu sampai sekarang gak kalah ketinggalan buat dikunjungi lagi dan lagi..
 Ya emanag sih udah gak asing lagi bagi warga bandung. Karena tempat ini menjadi salah satunya tepat favorit wisata untuk dikunjungi di wilayah Kabupaten Bandung.




 Nah, sebelum kalian memasuki area kawah mula-mula sebelum kalian masuk ke arah Loket untuk membeli tiket masuk, kalian pasti bakalan nemuin ini nih..
Bagi yang baru pertama kali berkunjung kadang selalu menyempatkan waktu untuk berfoto dulu ditempat ini.
lumayan kan bisa jadi diabadikan fotonya tuh buat kenang-kenangan hahaha

Kawah Putih yang beralamat di Jalan Raya Soreang Ciwedey KM 25 berlokasi tidak jauh dari tepat wisata Situ Pantenggang dan dapat dicapai dengan mudah bila anda membawa kendaraan pribadi karena terdapat banyak petunjuk jalan. Dari Jakarta, anda hanya dapat perlu melewati akses jalur tol Cipuarang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Dari sana anda harus menuju Soreang dan berkendara ke bagian selatan Ciwedey.
Bila menggunakan kendaraan umum, anda dapat naik angkot dari terminal Leuwipanjang yang menuju ke terminal Ciwedey. Dari terminal ciwedey, anda dapat menggunakan angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih.

Soal masalah fasilitas nih ya disini udah gak sulit kok. ini aa beberapa fasilitas yang telah disediakan pihak wisata Kawah Putih, karena telaaah dikembangkan sebagai kawasan wisata. Kawah putih mempunyai kenyamanan berwisata yang memadai yaitu : 

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Transportasi dari gerbang depan sampai kawah putih
  • Pusat informasi
  • Restoran dan warung makan
  • Toilet


Dan unutuk harga Tiket masuk nih ya ada beberapa macam sesuai kendaraan yang anda bawa dri rumah, bisa dipilih kkok mana yang lebih hemat biaya terkecuali bagi pengunjung dari Luar kota ya hehe.. Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan adalah sama yaitu Rp.15.000/org, sedangkan tarif kendaraan adalah sebagai berikut :


  • Parki atas (mobil) : Rp.150.000,-
  • Parkir atas (motor) : Rp.35.000,-
  • Ontang-anting : Rp.13.000,-
  • Parkir bawah (mobil) : Rp.6000,-
  • Parkir bawah (motor) : Rp.5.000,-
  • Parkir bawah (bus) : Rp.25.000,-

Yang dimaksd dengan parkir diatas adalah membawa kendaraan anda sampai dengan lokasi kawah. maksud dari parkir bawah adalah memarkir kendaraan anda di gerbang masuk kemudian anda dapat naik ontang-anting untuk menuju kawah.

Apa itu ontang-anting? Ontang-anting berasal dari bahasa sunda yang berarti "mondar-manir" dan erupakan sebutan bagi kendaraan Khas Kawah Putih Ciwedey. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka dan dilengkapu dengan pengaman. Kapasitas maksimal untuk 1 ontang-anting adlah 12 orang. namun jangan kuatir tidak kebagian tempat karena ada banyak ontang-anting beroperasi di kawasan ini..


Untuk sejarah dari Kawah Puih tersebut Konon Gunung Patuha di daerah Bandung Selatan dianggap oleh Masyarakat seitar ciwedey sebagai gunung tertua. Nama Patuha konon berasal dari kata Pak Tua (Sepuh), sehingga masyarakat setempat juga sering menyebutnya Gunung Sepuh. Lebih dari seabad yang lalu, Puncak Gunung Patuha dianggap angker oleh masyarakat seempat sehingga tak ada seorang pun yang berani menginjakkan kaki, oleh karena keberadaan dan keindahan alamnya pada tersebut tidak diketahui orang. Gunung Patuha pernah meletus pada abad X sehingga menyebabkan saat terjadinya Kawah (Crater) yang mengerkan di sebelah puncak bagian barat. Kemudian pada abad XII kawah disebelah kirinya mletus pula yang kemudian membentuk danau yang indah.
terimakasih untuk kunjungan anda semoga dapat menginspirasi akhir pekannya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar