Minggu, 15 Februari 2015

Stone Garden Padalarang

Untuk soal wisata gak asing,lagi lagi Kota Bandung menjadi tempat tujuannya dari beberapa Kota lain. Terutama dari aspek Wisata Alam. Salah satu tempat yang cukup bisa dibilang mainstream yakni ini Stone Garden.

Banyak yang dapat kita temui disini gak cuma Batu-batuan yang terhampar luas dengan rumput dan tumbuhan alang-alangnya tapi tempat ini merupakan salah satu peninggalan Purbakala. Tak beda jauh dengan namanya "Stone Garden", disana tidak terhampar bunga-bungan namun terhampar oleh batuan-batuan yang sangat unik dan indah. Bentuknya menyerupai cetakan karang, kerang laut, atau fosil tumbuhan laut.Tentunya disini juga memang sangat menakjubkan panorama taman yang dipenuhi batuan. Sungguh benar, memang dahulu kala tempat ini adalah dasar lautan dan karena keadaan alam yang menjadikannya terangkat dan menjadi pegunungan yang indah saat ini. Orang-orang menyebutnya STONE GARDEN..



Eh loh kalian harus tau bahwa terdapat manusia purba di bawah stone garden ini, juga terdapat fosil manusia purba, masyarakat menyebutnya manusia purba Goa Pawon.

Konon Situs Goa Pawon tersebut merupakan sebuah tempat penting bagi orang Sunda karena disana pernah ditemukan kerangka manusia purba, yang Konon adalah nenek moyang orang sunda (masih diteliti di balai Arkeolog Bandung).

Stone garden ini terletak di puncak gunung dan tepat berada di atas Goa Pawon yang terdapat fosil manusia purba. Alamat lengkapnya adalah di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab. Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Ada beberapa rute yang bisa diambil seperti dari arah Cimahi atau Kota Bandung. Jika menggunakan mobil jalur yang harus dilalui adalah melewati Tol Purbaleunyi, keluar tol Padalarang menuju arah Cianjur, setelah keluar tol arahkan kendaraan menuju kawasan Tagog Apu lalu kembali berjalan dan di sebelah kanan jalan terdapat gapura berwarna hitam menuju kawasan Goa Pawon.

Jika menggunakan kendaraan motor patokan yang paling mudah adalah Kota Baru Parahyangan, dari sana lurus terus menuju arah Cianjur sampai melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil, dari Roti Unyil tersebut kembali berjalan melewati kawasan Tagog Apu (kawasan yang berkelok-kelok dan terdapat oleh-oleh pinggir jalan). Dari kawasan Tagog Apu ini perhatikan arah kanan yang terdapat gapura berwarna hitam yang merupakan pintu gerbang utama menuju kawasan Goa Pawon & Stone Garden.
Untuk mencapai lokasi ini yang harus dilakukan adalah pendakian menuju puncak, mungkin sekitar 200 M lebih dari kaki gunung menuju puncak. Karena letaknya diatas puncak disarankan dengan keadaan yang sehat atau fit, sedikit membawa perbekalan seperti makanan dan minuman. Untuk kamu yang membawa teman/pacar perempuan nampaknya harus ditanya kembali apakah ia siap untuk mendaki ke atas puncaknya, jika teman/pacar wanitamu bersedia ikut sarankan kepadanya agar tak memakai high heels atau wedges karena medan yang sulit dan menanjak akan menghambat perjalannmu. Lebih enak lagi jika perjalananmu ditemai oleh tongkat sebagai alat untuk membantu dalam berpijak. 

Tiket masuk Stone Garden dan Goa Pawon

Untuk dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh pemerintah Kab. Bandung pada kawasan Goa Pawon ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 5500 rupiah/orang. Dan uang parkir kendaraan motor atau mobil yang kamu pakai sebesar 2rb hingga 5rb rupiah saja.

Dan satu lagi guys, saat berkunjung ke tempat ini jangan hanya main dan berfoto di Stone Garden saja, tapi langkahkan juga kakimu ke situs Goa Pawon yang terdapat fosil manusia purbanya.
Dan sedikit saran, datanglah ke tempat ini pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan momen terbaik dengan cuaca yang cerah, tak terlalu panas dan sejuk. Namun, jangan memaksakan mendaki ke puncak Stone Garden apabila mendung atau hujan telah turun. Jalan yang menanjak dan dengan tanah yang tak stabil malah akan membahayakan nyawamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar